A. Visi SMP Yabujah Segeran
Terwujudnya Peserta Didik yang “KREATIF”
Kompeten, Religius, Efektif, Aktif, Inovatif
Kompeten : Terwujudnya peserta didik yang memiliki kemampuan keterampilan hidup (life skill)
Religius: Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Masa Esa
Efektif : Mampu memenejemen waktu dalam belajar
Aktif : Aktif dalam belajar
Inovatif: Terwujudnya Proses Belajar Mengajar (PBM) yang inovatif
B. Misi SMP Yabujah Segeran
1. Meningkatkan kualitas keimanan, ketakwaan dan pembinaan akhlak mulia yang terintegrasi dalam semua aktifitas.
2. Menanamkan dan menerapkan budi pekerti serta nilai-nilai luhur bangsa mewujudkan manusia pembina lingkungan hidup dan cinta tanah air.
3. Memberikan kesempatan pengembangan potensi bakat dan prestasi peserta didik seoptimal mungkin melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstra kurikuler.
4. Menciptakan inovasi terbaru yang terbaik dalam lingkungan sekolah sehingga terlaksananya program dan tugas pokok fungsi komponen sekolah yang berkualitas.
5. Meningkatkan kualitas pelayanan dan sarana belajar yang memadai, mengikuti perkembangan Iptek.
C. Tujuan
• Peserta didik memiliki berbudi pekerti luhur, beriman, bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
• Peserta didik memiliki sikap dan kepribadian yang santun, tertib, disiplin, dan tanggung jawab.
• Membekali peserta didik agar memiliki kemampuan di bidang teknologi, informasi dan komunikasi, kemampuan sosial serta mampu mengembangkan diri sendiri untuk terjun di masyarakat.
• Meningkatkan dan mempertahankan perolehan hasil nilai AKM/US rata-rata minimal 60,00
• Mempertahankan dan meningkatkan jumlah lulusan tiap tahun 100%
• Meningkatkan keberdaan dan eksistensi english club, kelompok pengembangan diri lainnya sebagai wadah pemberian skill vocasional kepada peserta didik
• 30 % siswa SMP Yabujah Segeran mampu berbahasa Inggris, secara aktif mampu menguasai bahasa Daerah Cirebon dengan baik dan benar
• Mampu hafal Al-Quran minimal Juz Amma
• 90% siswa mampu mengoperasikan komputer program office, grafis, dan internet dengan baik
• Diterima dan memberikan manfaat sesuai dengan ilmu dan kompetensi yang dimilikinya oleh masyarakat dan lingkungan di mana mereka tinggal.
• Mengembangkan kedisiplinan dari seluruh komponen sekolah (stakeholder) untuk membentuk kepribadian yang tangguh dan kokoh sebagai dasar dalam setiap aktivitas.
• Meningkatkan aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler
E. Strategi dan Program
Strategi dan program yang akan dilaksanakan oleh SMP Yabujah Segeran dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan berdasrkan kepada Visi dan Misi SMP Yabujah Segeran adalah sebagai berikut :
1. Melaksanakan Pengajian/membaca Al-Qur’an 10 menit sebelum KBM dimulai (Jam 07.00 s.d 07.10)
2. Membuat jadwal pelaksanaan Sholat Dhuha bersama setiap hari senin. (07.30 s.d 08.00).
3. Mengadakan kegiatan Tahlilan dan doa bersama setiap hari jum’at
4. Melaksanakan sholat dhuhur berjamaah setiap hari.
5. Mengintensifkan kegiatan KBM sesuai dengan jadwal yang ada
6. Meningkatkan penggunaan Laboratorium sebagai sarana Praktek pembelajaran sesuai dengan jadwal yang berlaku.
7. Mengoptimalkan kegiatan remedial bagi siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan sesuai dengan Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yang telah ditetapkan.
8. Mengoptimalkan Penggunaan Perpustakaan Sekolah sebagai penunjang belajar
9. Meningkatkan Program Pengembangan diri sesuai dengan kebutuhan sekolah dan siswa.
10. Menambah mata pelajaran Mulok untuk kelas VII, VIII dan IX
11. Mengadakan pengayaan dan bimbel dalam rangka persiapan menghadapi AKM untuk kelas IX pada semester genap.
12. Meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler bagi kelas VII dan VIII
13. Selalu berpartisipasi dalam mengirimkan siswa atau guru dalam event–event diklat, seminar dan olimpiade atau festival-festival baik yang diselenggarakan di internal dinas pendidikan maupun di luar dinas pendidikan.
14. Pengadaan sarana dan prasarana sekolah yang belum ada dan dibutuhkan dalam KBM
15. Merehabilitasi sarana dan prasarana yang telah ada yang dalam kondisi rusak
16. Melaksanakan studi banding ke sekolah – sekolah atau lembaga lain sebagai rujukan atau refernsi dalam pengelolaan sekolah lebih baik lagi.
17. Menyelenggarakan Diklat/Pembinaan bagi guru, staf dan karyawan
18. Mengikikutsertakan Guru dalam kegiatan MGMP baik tingkat Sekolah, Sektor, Kabupaten dll.
19. Berperan aktif dalam kegiatan pemerintah yang bersifat mendidik dan berbasis sosial
20. Mengefektifkan kegiatan bimbingan penyuluhan dan karir bagi siswa yang membutuhkan layanan tersebut.
21. Meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan sesuai dengan kemampuan sekolah dan yayasan.
22. Mendirikan lembaga usaha sekolah (Koperasi guru dan siswa)
23. Pembinaan IMTAQ melalui pemberdayaan tempat ibadah untuk memperdalam agama dan mengamalkannya. Peserta diharapkan keseluruhan siswa telah memfungsikan tempat ibadah dengan baik.
24. Membentuk kegiatan Klub Bahasa Inggris yang mampu berkomunikasi secara efektif dan intensif.
25. Lebih menggiatkan siswa untuk mengikuti kegiatan KIR dengan target minimal siswa mampu melakukan penelitian dasar dan pengembangannya sesuai dengan bidang ilmu pengetahuan pada bidang studi masing-masing dan mampu berprestasi dalam bidang penelitian
26. Melaksanakan kegiatan Adiwiyata secara terprogram yang melibatkan semua komponen warga sekolah.
27. Membentuk Tim Olahraga Volly, Futsal dan Sepak Bola yang dapat menjadi andalan sekolah minimal 2 klub. Sedangkan jumlah peserta kegiatan ekstra olah raga ditargetkan mencapai 10% dari keseluruhan siswa.
28.Membentuk Tim Kesenian (seni tari dan musik) yang mampu mengadakan pentas pada setiap even yang diselenggarakan sekolah.
29. Membentuk Tim Pengembangan Kompetensi Siswa dibawah pimpinan bapak/ibu guru yang handal. Target pelaksanaan untuk mata pelajaran yang sering dilombakan, seperti : Kelompok Mata Pelajaran IPA, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Sosial